Rabu, 10 Desember 2014

Jenis-Jenis Animasi

Animation
Illusion of Mation



Animasi

      Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, dan semangat.
Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Animasi merupakan gambar begerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.

Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas dapat berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Dalam proses pembuatannya, animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objeknya. Animasi yang menarik akan dihasilkan jika perumusan alur gerak direncanakan secara matang berdasarkan logika yang tepat.

Beberapa Jenis Animasi yang banyak digunakan dalam industri hiburan :

a.    Animasi Cel (Cell Animation)

     Animasi cel merupakan animasi tertua dan merupakan bentuk animasi yang paling populer. 
Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate). Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation). 
        Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, pada akhirnya gambar akan tampil bersamaan(seperti pada metode layer). Animasi cel ini disebut juga Animasi Tradisional.

b.    Animasi Frame

       Animasi ini merupakan animasi yang sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian dutunjukan. Pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second).
Contoh animasi ini adalah ketika kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak.
      Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.  Dalam Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.

c.    Animasi Sprite

    Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri. 
Seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar. Pada animasi ini, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.
Animasi sprite memiliki perbedaan dengan animasi cell dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan namun memiliki fpsatau frame per detik yang berbeda dan bila ingin di edit maka harus dilakukan pada masing-masing objek sprite tersebut. 
      Contoh animasi dengan tipe objek sprite ini adalah membuat simulasi tata surya dimana latar belakangnya tidak bergerak. Hanya planet-planet saja yang bergerak.

d.    Animasi Path

      Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan atau animasi path disebut juga sebagai animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. 
Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel.
     Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek
    Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.

e.    Animasi Spline

    Spline adalah representasi matematis dari kurva. Objek bergerak biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya bentuk kurva, program animasi komputer memungkinkan untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerak berbentuk kurva.

f.    Animasi Vektor

      Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.
Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.

g.    Animasi Clay 

      Animasi ini dibuat unruk menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun   bahan  elastis yang terbuat dari clay/ tanah liat sintesis.
Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak. Teknik animasi ini sebenarnya termasuk animasi klasik, namun karena teknik pembuatannya memerlukan kesabaran dan ketekunan yang tinggi, tidak banyak animator yang memilih membuat animasi dengan teknik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar