1.
Mengapa kita memerlukan bahasa pemrograman?
Jawab :
Karena bahasa pemrograman merupakan suatu
media komunikasi antara manusia (programer) dengan mesin (komputer).
Bahasa pemrograman juga sebagai alat untuk
memecahkan permasalahan komputasi secara logis, kronologis dan sistematis.
Bahasa pemrograman sebagai pelatih logika.
Sebagai pemicu kreativitas
Membuat kita terlatih untuk mengetik cepat
2.
Jelaskan konsep dasar pemrograman!
Jawab :
Konsep dasar pemrograman yaitu : Input, proses
dan output dan dikembangkan menjadi ORIGINATING-INPUT-PROSES-OUTPUT-DISTRIBUTION-STORAGE
a.
Originating
Berupa
pencatatan data dokumen dasar
b.
Input
Merupakan
proses memasukan data ke dalam komputer
c.
Proses
Merupakan
proses dari pengolahan data yang telah diinputkan
d.
Output
Merupakan
proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data berupa informasi
e.
Distribution
Merupakan
proses penyebaran informasi kepada pihak pihak tertentu
f.
Storage
Merupakan
perekaman hasil pengolahan data sebagai bahan untuk input proses selanjutnya.
3.
Sebutkan dan jelaskan perbedaan dari jenis
bahasa pemrograman!
Jawab :
Jenis bahasa pemrograman :
a.
Low Level Languange
Merupakan
bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin, karena lebih dekat ke bahasa
mesin daripada bahasa manusia.
ü
Bahasa Mesin
Bahasa mesin (native code) adalah bahasa asli yang digunakan oleh
mesin komputer (berupa deretan bit, numeric biner/Heksadesimal).
Kekurangan
: bahasa mesin sulit dimengerti oleh manusia dan hanya dapat dimengerti oleh
mesin tertentu.
Bahasa
mesin sebagai :
Bentuk
terendah dari bahasa komputer.
Representasi
instruksi dalam program berupa kode numerik (biner).
Microcode :
kumpulan instruksi (semacam prosedur).
ü
Bahasa Assembly
Bahasa assembly adalah bahasa
pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Merupakan bahasa yang dianggap sebagai
bahasa pemrograman pertama yang telah berbentuk string(mnemonic) dan lebih
mudah dimengerti oleh manusia.
Bentuk simbolik dari bahasa mesin
Kode operasi memiliki kode simbolik
Instruksi biasanya terdiri dari beberapa field
Mikroinstruksi
: kumpulan instruksi.
Debug : alat bantu untuk mendiagnostik bahasa assembly
Kelemahan dari Low Level Languange :
Sulit dipelajari karena programmer harus mengetahui
seluk beluk perangkat keras yang digunakan.
Bahasa assembly untuk satu jenis mikroprosesor
satu dengan yang lain Middle Level Languange
contoh
: a. Turbo Assembler (borland) b. Macro Assembler (microsoft) c. DEBUG (DOS)
b.
High Level Languange
adalah bahasa-bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh
manusia dan telah menggunakan bahasa alami (bahasa Inggris).
Bahasa tingkat tinggi (user oriented)
Lebih dekat
dengan bahasa manusia.
Memberikan
fasilitas yang lebih banyak.
Kontrol
program yang terstruktur : Nested, block, prosedur.
Contoh :
Ø
BASIC (Beginners All-purposes Symbolic Instruction Code)
Ø
LOGO
Ø COBOL (Common
Business Oriented Language)
Ø
PASCAL
Ø Fortran (Formula
Translator)
Ø
Algol (Algoritma Language), dll
c.
Object Oriented Languange
Bahasa
pemrograman generasi keempat meliputi Microsoft Visual Basic, Visual J++, dan
Visual C++ yang dikembangkan dari keluarga besar bahasa tingkat tinggi untuk
memudahkan pemrograman.
Memungkinkan
penyelesaian untuk suatu masalah atau aplikasi yang spesifik.
Contoh :
SQL (structured
query language) untuk aplikasi database.
COGO untuk aplikasi
teknik sipil.
4.
Sebutkan dan jelaskan sumber perancangan
bahasa pemrograman!
Jawab :
Sumber perancangan bahasa pemrograman :
a.
Bahasa Alami
Merupakan bahasa yang berguna untuk kemudahan dan
kejelasan pembacaan.
Memberikan instruksi sesuai dengan arti
instruksi yang sebenarnya.
Dapat digunakan sebagai panduan untuk
perancangan sintaks sebuah bahasa pemrograman.
b.
Matematika
Dipakai
sebagai aturan-aturan yang terdapat pada bahasa pemrograman, misalnya
perancangan operasi aritmatika.
c.
Bahasa pemrograman yang sudah ada
Merupakan
sumber yang bagus untuk perancangan bahasa pemrograman, karena meningkatkan
kemudahan baca (readability), meningkatkan pemeriksaan kesalahan.
5.
Jelasakan tujuan perancangan bahasa
pemrograman!
Jawab :
Tujuan perancangan bahasa pemrograman
a.
Komunikasi dengan manusia
Karena
sebuah program yang baik adalah suatu program yang mudah dimengerti dan
dipahami.
b.
Pencegahan dan deteksi kesalahan
Bahasa
pemrograman yang baik harus dapat mengidentifikasi error yang mungkin terjadi,
mempermudah deteksi kesalahan dan menghilangkan kesalahan.
c.
Usability
Berkaitan
dengan aspek kenyamanan seorang pemrogram menggunakan bahasa, karena bahasa
pemrograman yang baik harus dapat dipelajari dan mudah diingat karena berkaitan
dengan kenyamanan programmer dalam menggunakan bahasa pemrograman.
d.
Efektivitas Pemrograman
Merupakan bagian dari rekayasa perangkat
lunak yaitu bagaimana mancatat keputusan yang dibuat selama mengembangkan
program.
e.
Compability
Pengembangan sebuah kompilator merupakan
pekerjaan yang tidak sederhana.
f.
Efisiensi
Peningkatan yang signifikan dalam efisiensi
bisa didapat dengan membuat bahasa lebih sederhana
untuk menghasilkan kode yang efisien.
g.
Machine Independent
Sebuah program yang telah sukses dikompilasi
dan dieksekusi pada suatu mesin, saat dipindahkan ke mesin lainnya akan
berjalan dengan input dan output yang tepat sama.
h.
Kesederhanaan
Kesederhanaan dapat dicapai melalui : pembatasan-pembatasan
tujuan dan perhatian pada keterbacaan.
i.
Uniformity
Yaitu mengerjakan hal yang sama dengan cara
yang sama dan menjelaskan bagaimana menghilangkan kasus khusus.
j.
Orthogonality
Setiap fungsi bekerja tanpa mengetahui
struktur dari yang lain.
g.
Generalisasi dan
spesialisasi
Dasar pemikiran “jika
dibolehkan melakukan ini, maka lakukanlah hal yang lain dengan cara serupa”
6.
Jelaskan detail perancangan bahasa
pemrograman!
Jawab :
Detail perancangan bahasa pemrograman
a.
Microstructur
Operator harus jelas wujudnya dan token dari
suatu bahasa harus mudah dikenali. Keyword harus jelas, mudah diucapkan,
memiliki arti sesuai dengan bentuknya
Aspek terendah
dari microstructure adalah set karakter yang akan dipergunakan.
Aspek lain
yang ada adalah pengaturan keyword dan komentar.
Pemisahan
keyword dengan indentifire yang didefinisikan user.
Pemilihan
simbol untuk menandai komentar.
b.
Struktur Ekspresi
Berhubungan
dengan urutan evaluasi dari sebuah ekspresi, dapat menggunakan:
Explicit bracketing, menggunakan karakter
[,],{,} untuk membatasi ekspresi
Operator binding, melakuakn binding kiri ke
kanan, kanan ke kiri dan prioritas.
c.
Struktur Data
4
aspek struktur data :
Deklarasi data
Ø
Kosntanta, tidak boleh berubah dalam program
Ø
Type, suatu pembentuk tipe data buatan baru
Ø
Variable, bias diubah dalam program
Tipe data yang
disediakan dalam bahasa pemrograman
Ø
Tidak ada sama sekali
Ø
Soft typing, ditentukan suatu tipe data yang
bias menerima nilai apapun
Ø
Hard typing, ditentukan suatu tipe data yang
memuat satu jenis tipe data saja
Alokasi variable
Ø
Static
Pemakaian
global lokal, dinamik, dan otomatis di dalam prosedur/fungsi
Ø
Retention
Dialokasikan
di entry prosedur tapi tidak dibebaskan pada saat keluar digunakan untuk
bactracking dan rekursif
Struktur Ekspresi
Berhubungan
dengan urutan evaluasi dari sebuah ekspresi, dapat menggunakan explicit
bracketing, operator binding dan struktur control dan loop
Struktur Kompilasi
Struktur
ini menyangkut seluruh aspek pada saat kompilasi adanya fasilitas penyimpanan
berkas dan memfasilitasi untuk memilih teks tertentu untuk di compile.
Struktur Input/Output
Merupakan
fasilitas untuk menangani masukan dari keluaran.
Format-free
: untuk komunikasi sederhana bagi programmer untuk memeriksa kebnenaran program
Formatted
: outputnya ditampilkan secara berformat
File-form
: output ditampilkan dalam sekuensi, indexs ekuensial, direct
7.
Jelaskan skenario perancangan bahasa
pemrograman!
Skenario perancangan bahasa pemrograman :
Jawab :
ü
Menetukan projek seperti apa yang diinginkan
ü
Menentukan feature yang mungkin
ü
Menentukan desain yang sesuai dengan
featurenya
ü
Menentukan rincian, parsing dan error checking
ü
Membuat user manual dan help
ü
Jika terjadi kesalahan, evaluasilah mulai dari
3 langkah
ü
Optimisasilah dan uji segala kemungkinan, jika
sudah benar
ü
Melakukan uji coba kepada pengguna
ü
Memperbaiki bug dan mulai versi baru
Tugas pertemuan ke-5
1.
Sebutkan dan jelaskan tugas scanner pada
sebuah kompilator!
Jawab
:
a.
sacanner sebagai pemecah program sumber
menjadi besaran leksik atau token
b.
mengidentifikasi semua besaran itu dan
membuatnya menjadi suatu bahasa
c.
mentransformasikannya ke token-token
d.
menentukan jenis dari token-tokennya
e.
memecahkan kesalahan yang terjadi
f.
menangani tambel simbol
2.
Jelaskan istilah-istilah berikut :
a.
Token
Jawab
:
Token
merupakan elemen dasar dari bahasa komputer dan merupakan bagian hasil dari
pemecahan sumber program yaitu penerjemahkan lexeme pada saat melakukan scanner.
b.
Blank
Jawab
:
Aturan penggunaan spasi pada bahasa pemrograman yang sangat beragam. Seperti spasi yang diabaikan (boleh dipisah) dan yang tidak boleh diabaikan (tidak boleh dipisah). Jika diabaikan maka akan terjadi kesalahan sintaks.
c.
Identifier
Jawab
: merupakan kata kunci dari nama sebuah variable
d.
Keyword
Jawab
: keyword adalah kata kunci yang sudah didefinisikan oleh sebuah bahasa,
misalnya : begin, end, if, then, else dalam pascal.
e.
Delimeter
Jawab
: merupakan pembatas, seperti kurung buka, kurung tutup, titik, koma,
titik-dua, titik-koma, dan white space.
f.
White-space
Jawab :
yaitu pemisah yang diabaikan oleh program, seperti : spasi, spasi enter, garis
baris dan akhir file.
Kami adalah situs agen judi online yang merupakan agen poker & agen domino online uang asli terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami hadir dengan sistem program terbaik yang menjamin keamanan data para member dan server canggih berkecepatan tinggi yang menjamin permainan cepat dan lancar tanpa macet. (PIN BBM : 7AC8D76B)
BalasHapuskontol
Hapus