Rabu, 10 Desember 2014

Latihan Object Oriented Programming (OOP)

Object Oriented Programming

1.    Penjelasan beberapa istilah :

a.    Class

        Adalah suatu templete yang digunakan untuk membuat objek. Class merupakan sebuah prototipe atau blue prints yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Atau class juga merupakan suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunanannya, dan class merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi objek.

b.   Atribut

      Atribut adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya.
Attribute dibedakan menjadi dua jenis yaitu Instance Variable dan Class Variable.
     a. Instance Variable adalah atribut untuk tiap objek yang kelasnya sama.
     b. Class variable adalah atribut untuk semua objek yang dibuat dari class yang sama.

c.   Method  
 

    Method adalah serangkaian statement dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu , dan method meruapakan cara objek berkomunikasi dengan objek yang lain.

d.    Objek

     Objek merupakan hasil instansiasi dari suatu class, dan merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah Program Komputer Berorientasi Objek.
Objek berfungsi untuk membungkus dan fungsi bersama menjadi satu unit dalam sebuah program komputer.

e.    Encapsulation

        Encapsulation merupakan suatu pembungkus variable dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variable tersebut. Dalam OOP, konsep Encapsulation sebenarnya merupakan perluasan dari struktur dalam bahasa java. 
Encapsulation berfungsi untuk memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam/dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak, hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaanya.

f.    Inheritance (Pewarisan)

      Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya.
Prinsip dasar inheritance yaitu persamaan-persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah kelas induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang sfesifik untuk kelas yang bersangkutan.

g.    Polimorfisme

       Polimorfisme adalah kemampuan suatu objek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk. Polimorfisme tidak tergantung kepada pemanggilan subrotin.

2.    Contoh Class dan Objek

Class        : Binatang Bermetamorfosis
Objek      : Kupu-kupu
Atribut    : Kepala, Antena, Mata Kompon, Probosis, Dada, Sayap Depan, Sayap Belakang, Kaki, Perut,
Method    : Terbang, Hinggap, Menghisap Nektar, Bertelur.

Pada kasus ini terdapat 4 (empat) buah class yaitu, Jenis Barang, Barang, Penjualan Barang, dan Penjualan Detail.
Berikut relasinya :

3.    Simulasi Object Orientied Programing dengan menggunakan pemrograman Java.


     Hasil dari simulasi ini dapat ditampilkan seperti berikut : 


Berikut cara membuat class baru dari project yang telah dibuat sebelumnya
    a.  Klik kanan pada Source Packages – New – Java Class)





Berikut kode programnya :
















1 komentar:

  1. Kami adalah situs agen judi online yang merupakan agen poker & agen domino online uang asli terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami hadir dengan sistem program terbaik yang menjamin keamanan data para member dan server canggih berkecepatan tinggi yang menjamin permainan cepat dan lancar tanpa macet. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus